Sabtu, 18 Maret 2017

Cara Membuat Penyedot Debu Mini
Gambar hanya ilustrasi artikel
Cara membuat penyedot debu mini nampaknya menjadi salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang banyak diminati. 

Debu merupakan masalah yang sangat sering ditemui di rumah dan sulit dibersihkan karena partikelnya yang sangat kecil. Kini telah tercipta alat penyedot debu yang terbuat dari bahan bekas dan mudah untuk dibuat secara mandiri. 

Cara membuatnya tidak sulit namun dapat bekerja secara efektif layaknya vacum cleaner yang diperjual belikan.

Cara membuat penyedot debu mini praktis

Memiliki barang-barang bekas di rumah yang semakin membuat kotor ternyata dapat dimanfaatkan menjadi alat penyedot debu mini. Alat penyedot debu dapat digunakan untuk membersihkan berbagai perabot, karpet atau lantai rumah sehingga terbebas dari debu. Penasaran? Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai cara membuat penyedot debu dari barang bekas:

Alat dan bahan yang diperlukan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat alat penyedot debu mini antara lain:
  • Aki motor yang masih menyala
  • Lem
  • Kain tipis secukupnya untuk filter
  • Kaleng bekas
  • Dinamo mini yang masih hidup
  • Botol bekas air mineral Pisau
  • Gunting
  • Paku
  • Selang penyedot
  • Kawat untuk pengait

Cara membuat penyedot debu mini

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan di atas, langkah-langkah pembuatan alat penyedot debu mini antara lain sebagai berikut:
  1. Cara membuat mesin penyedot debu sendiri diawali dengan memotong botol bekas air mineral ukuran sedang menjadi dua buah. Bagian botol bekas air mineral bawah dibuat beberapa lubang dengan paku. Sisihkan.
  2. Kemudian potonglah kaleng dengan gunting khusus membentuk lingkaran dengan diameter atau garis tengah yang sama dengan ukuran diameter botol bekas air mineral.
  3. Setelah itu, buatlah baling-baling dengan lingkaran kaleng yang telah dibuat. Pembuatan baling-baling dilakukan dengan memotong lingkaran kaleng dengan gunting atau cutter khusus untuk kaleng yang terbuat dari bahan yang cukup keras.
  4. Tempelkan baling-baling dari kaleng bekas pada dinamo dengan membuat sedikit lubang lalu tempatkan ke dalam botol bekas air mineral yang telah dibuat lubang pada bagian bawahnya.
  5. Pasang kain tipis yang sudah disiapkan yang dapat bekerja sebagai penyaring atau filter debu serta kotoran yang terhisap alat tersebut nantinya. Pemasangan dilakukan dengan lem khusus yang telah disediakan.
  6. Rekatkan pula selang penyedot yang dihubungkan melalui lubang botol bekas air mineral bagian atas. Selang ini nantinya digunakan untuk jalannya debu atau kotoran kecil yang menempel pada karpet atau perabot yang dibersihkan.
  7. Pasang pula kabel untuk menyambungkan dinamo dengan aki sebagai sumber tenaganya.
  8. Jadikan satu lagi botol mineral bagian bawah dengan botol bekas air mineral bagian atas dengan kawat sebagai pengait.
  9. Tempelkan hendel atau pegangan yang dapat dibuat dari botol bekas lainnya.
  10. Tambahkan aksesoris seperti tali pita atau tempelan kain sebagai hiasan agar tampilan vacum cleaner mini lebih menarik. Penghisap debu atau vacum cleaner mini pun siap digunakan.
Cara kerja penyedot debu ini sama seperti vacum cleaner pada umumnya. Hanya saja kekuatan hisapannya lebih kecil. Namun besar kecilnya daya hisap alat penghisap debu dari barang bekas ini dapat diatur dengan menyesuaikan kekuatan atau voltage aki yang digunakan.

Jika dapat membersihkan debu serta kotoran halus di rumah dengan alat sederhana buatan sendiri mengapa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli vacum cleaner? Lakukan beberapa langkah cara membuat penyedot debu mini yang praktis dan efisien di atas!

Image Source: Pixabay.com
Previous Post
First

post written by:

0 komentar: