Minggu, 19 Maret 2017

cara membuat charger baterai cepat penuh

Semakin banyak pengguna samrtphone yang ingin tahu tentang cara membuat charger baterai cepat penuh. Hal ini dikarenakan charger baterai dengan cepat dapat lebih mengefektifkan dan mengefisiensikan waktu.

Bagi yang sedang terburu-buru atau membutuhkan smartphone dengan segera namun ternyata baterai smartphone menipis atau bahkan habis, cara ini sangat harus diketahui dan dilakukan.

Cara membuat charger baterai cepat penuh

Berikut ini beberapa tips dan cara membuat baterai smartphone cepat penuh yang dapat dilakukan siapa saja dan kapan saja:

1. Menggunakan aplikasi dan utility charging

Aplikasi dan Utility Charging dapat bekerja secara optimal dalam menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan pada saat proses pengisian baterai. Dengan demikian, proses pengisian baterai dapat berjalan terselesaikan lebih cepat. Beberapa aplikasi yang memiliki kemampuan ini antara lain Clean Master, Faster Charger, Charger Booster dan masih banyak lagi.

2. Isi baterai dengan ponsel dalam keadaan non-aktif

Proses charging akan lebih cepat selesai apabila ponsel dinon-aktifkan. Hal disebabkan oleh tidak adanya daya yang dikeluarkan oleh smartphone.

3. Melakukan kalibrasi baterai

Kalibrasi baterai sebenarnya harus dilakukan minimal satu bulan sekali untuk perawatan baterai supaya tahan lama. Kalibrasi baterai juga dapat dilakukan sebagai salah satu cara membuat charger cepat.

Apabila tidak dilakukan kalibrasi, pada umumnya indikator baterai akan menunjukkan persentase 100% padahal sebenarnya hanya 90%. Hal ini membuat baterai menjadi cepat habis dari waktu yang semestinya. Kalibrasi baterai dilakukan dengan menghabiskan baterai hingga 0% atau mati total kemudian di-charge hingga penuh 100% barulah ponsel dihidupkan.

4. Sebisa mungkin hindari menge-charge ponsel dengan laptop

Ponsel yang dihubungkan pada laptop dengan kabel data justru membuat proses pengisian baterai menjadi sangat terhambat dan memakan waktu yang lama. Mengapa? Karena penggunaan kabel menjadi terpecah. Selain mengisi daya baterai, kabel juga bekerja sebagai pentransfer data dalam smartphone.

5. Gunakan charger yang memiliki output ampere lebih besar

Charger hp tercepat ialah charger yang memiliki output ampere besar. Dengan demikian daya yang disalurkan pada baterai juga besar dan membuatnya menjadi lebih cepat penuh secara sempurna.

6. Jangan lakukan pengisian daya baterai ponsel di tempat yang panas

Sebisa mungkin jangan melakukan charging smartphone di tempat yang memiliki suhu panas. Udara dan suhu panas akan membuat baterai ponsel memuai dan akan berdampak buruk. Jadi, pastikan posisi ponsel ketika di-charge berada di lokasi yang bersuhu normal atau dingin.

7. Aktifkan mode pesawat

Ketika mode pesawat diaktifkan, maka secara otomatis aplikasi bluetooth, koneksi internet dan wifi akan mati atau tidak aktif ketika smartphone di-charge. Dengan demikian pemakaian daya pada baterai menjadi berkurang dan akan mempercepat proses pemakaian daya.

8. Gunakan charger asli bawaan smartphone

Charger bawaan smartphone sudah didesain sedemikian rupa sehingga penggunaannya lebih aman dan cepat. Jika menggunakan kabel usb atau charger selain bawaan smartphone, pilih kabel atau charger dengan output  daya lebih dari 900 mA.

Faktor penyebab lambatnya proses pengisian daya baterai smartphone

Hindari beberapa hal-hal berikut ini yang dapat membuat proses pengisian daya baterai menjadi lambat atau lama penuhnya:

1. Menjalankan aplikasi ketika proses charging

Ketika proses pengisian baterai berjalan, usahakan jangan menjalankan aplikasi seperti chatting dalam media sosial, mendengarkan musik dengan aplikasi mp3 dan lain sebagainya. Menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut dapat membuat proses pengisian daya baterai menjadi lebih lama.

2. Smartphone tidak dibekali processor dengan fitur Quick Charge

Smartphone yang dibekali dengan processor dengan fitur Quick Charge versi 2.0 dapat mengisi daya baterai lebih cepat. Berbeda dengan smartphone yang masih dipacu dengan processor berfitur Quick Charge 1.0 yang membutuhkan waktu lebih lama.

3. Kapasitas charger memiliki daya output kurang dari 500 mA

Pilihlah charger yang memiliki daya output lebih dari 500 mA agar proses pengisisan daya baterai lebih cepat.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara membuat charger baterai cepat penuh yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Image Source: Pixabay.com
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: