Selasa, 21 Maret 2017

tips menghilangkan bauk kaki di sepatu

Tips menghilangkan bau kaki di sepatu sangat cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas keseharian yang harus memakai sepatu. Hal ini dapat membuat kaki menjadi lembab dan akhirnya bau kaki melanda. Jika dibiarkan, bau pada kaki akan membuat pemakai sepatu dan orang-orang di sekitar merasa tidak nyaman.

Bau kaki berlebih juga dapat mengakibatkan iritasi yang berdampak buruk pada kesehatan kulit kaki.

Tips mencegah bau kaki di sepatu 

Bagi Anda yang belum mengalami bau kaki pada sepatu, lakukan beberapa tips berikut ini untuk menghalau timbulnya bau tak sedap pada kaki dan juga sepatu:

1. Aplikasikan bedak khusus di sela-sela jari kaki

Tidak perlu obat penghilang bau kaki yang mahal harganya untuk menangkal terjadinya bau kaki tak sedap. Cukup aplikasikan bedak khusus di sela-sela jari saja sebelum mengenakan kaos kaki dan sepatu. Bedak akan membantu menetralisir keringat yang menyebabkan kaki menjadi lembab dan akhirnya menjadi bau.

2. Istirahatkan sepatu kurang lebih 24 jam

Usahakan untuk tidak memakai sepatu secara terus menerus. Istirahatkan sepatu minimal 24 jam, gunakan sepatu yang lainnya. Lakukan rotasi ini untuk menghalau bau kaki tak sedap.

3. Pilih sepatu yang memiliki cukup rongga udara

Pemilihan bahan pembuat sepatu adalah kunci yang cukup penting. Gunakan sepatu yang memiliki jala-jala atau berongga sehingga sirkulasi udara dapat berjalan lancar dan bau kaki akan menghindar.

4. Pakailah kaus kaki maksimal sehari

Penggunaan kaus kaki yang benar adalah hanya 1x24 jam. Kaos kaki harus diganti setiap hari supaya tidak digunakan sebagai sarang keringat dan bakteri yang membuat kaki dan sepatu menjadi bau. Bagi yang memiliki kesibukan tinggi, membawa kaos kaki cadangan sangat disarankan.

5. Gunakan kaos kaki dengan bahan yang mudah menyerap keringat

Selain intensitas waktu penggunaanya, bahan kaos kaki juga sangat mempengaruhi kinerja resapan keringat. Gunakan kaos kaki yang berbahan katun atau jenis kain lainnya yang dapat maksimal dalam menyerap keringat dan menghalau kelembaban.

Cara menghilangkan bau kaki di sepatu

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang langkah-langkah pencegahan bau kaki, di bawah ini adalah cara menghilangkan bau di sepatu. Cara ini dapat efektif dilakukan bagi yang kaki atau sepatunya sudah terlanjur beraroma tidak sedap:

1. Menggunakan koran bekas

Koran bekas dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau sepatu karena bahan pembuatnya yang dapat mengikat bau. Masukkan segumpal koran bekas pada masing-masing sepatu dan diamkan selama kurang lebih 2 hari setelah digunakan.

2. Mengganti sol bagian dalam sepatu

Cara menghilangkan bau di sepatu yang kedua ialah dengan mengganti sol dalam sepatu. Sol dalam sepatu yang sudah terlalu lama dipakai bisa menjadi salah satu sumber bau tak sedap. Gantilah sol dalam dengan yang berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat dengan maksimal.

3. Menggunakan semprotan penghilang bau

Kini telah tersedia semprotan khusus yang digunakan untuk menghilangkan bau sepatu. Kandungan enzim dan bakteri pada cairan dapat membunuh kuman yang menyebabkan bau tak sedap.

4. Menjemur sepatu yang barusan dipakai

Sepatu bau disebabkan oleh kondisi dalam sepatu yang lemabab. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu menjemur sepatu setelah digunakan supaya sirkulasi udaranya dapat berganti.

5. Mencuci sepatu secara teratur

Jika sepatu dapat dicuci, sebaiknya cucilah sepatu dengan intensitas yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Keadaan sepatu yang bersih akan membuat bau kaki menjah.

6. Menaburi sepatu dengan serbuk penyerap bau

Bagi Anda yang malas mencuci, gunakan soda kue sebagai penyerap bau sebagai cara menghilangkan bau kaki di sepatu tanpa dicuci. Taburkan sedikit soda kue pada masing-masing sepatu dan diamkan semalaman.

Demikianlah beberapa cara dan tips menghilangkan bau kaki di sepatu yang praktis untuk dicoba. Jauhkan rasa tidak nyaman karena bau kaki dengan tips di atas!
Latest
Next Post

post written by:

0 komentar: